Titik Paling Riskan Matematika SD Kelas 3 Semester 2

44 views

Titik Paling Riskan Matematika SD Kelas 3 Semester 2 – Ada banyak video pembelajaran Matematika SD Kelas 3 semester 2. Ada banyak juga media pembelajaran yang lain terkait penguasaan Matematika SD. Baik berupa PDF download, RPP Matematika SD, atau pun latihan soal UTS Matematika SD Kelas 3. Selain itu, banyak juga tersedia layanan latihan soal Matematika SD Kelas 3 semester 2 online yang banyak membahas rumus Matematika SD. Namun, di luar itu semua, bapak ibu dan guru disekolah harus memperhatikan hal penting yang lebih dibutuhkan anak saat belajar Matematika SD.

Titik Paling Riskan Matematika SD Kelas 3 Semester 2

Gambar: Dokumentasi Pembelajaran Matematika SD Kelas 3 Semester 2 di SD Islam Khoiru Ummah, Malang

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Bapak Ibu dan Guru Agar Belajar Matematika SD Kelas 3 Semester 2 ini berjalan lancar?

Mendeteksi sebuah persoalan memang tidak mudah. Apa lagi mendeteksi persoalan belajar Matematika SD. Khususnya bagi anak-anak yang masih duduk di bangku SD Kelas 3 semester 2.

Persolan-persolan yang sering muncul dalam pembelajaran Matematika SD Kelas 3 semester 2 diantaranya adalah:

  • Soal Matematika SD Kelas 3 Pecahan
  • Materi Matematika SD Kelas 2 tentang Pembagian

Mengapa 2 hal ini dirasakan penting untuk bapak ibu dan guru ketahui? Sebenarnya permasalahan Pecahan dalam pembelajaran Matematika SD Kelas 3 tidak menjadi soal jika dan hanya jika anak-anak atau murid memahami konsep membagi atau pembagian yang mereka dapatkan dalam Matematika SD Kelas 2.

Pecahan sangat erat kaitannya dengan membagi atau pembagian. Jika anak atau murid tidak kuat pemahamannya tentang proses membagi atau pembagian, maka bisa dipastikan anak tersebut akan mengalami kesulitan pada saat mereka belajar Pecahan dalam Matematika SD Kelas 3.

Sebenarnya masalah ini bisa bapak ibu atau guru pecahkan saat memberikan materi pembelajaran Matematika SD Kelas 2 saat anak atau murid belajar konsep Pembagian atau membagi suatu bilangan dengan bilangan lain. Baik satuan, puluhan atau ratusan.

Dalam pembelajaran Matematika Ajaib, proses membagi tidak harus dijelaskan sebagai konsep Pengurangan Berulang. Konsep ini ternyata banyak membuat anak atau murid bingung. Belum lagi masalah ketrampilan berhitung Pembagiannya.

Berhitung dalam proses Pembagian itu terasa sulit jika dijelaskan dengan konsep Pengurangan Berulang. Apalagi jika sudah merambah ke bilangan-bilangan besar.

Ambil contoh, 10:2 dalam buku-buku Tematik Matematika SD Kelas 2 dijelaskan sebagai 10-2-2-2-2-2 = 0. Maka jawabannya adalah 5. Nah murid jadi rancu. Angka 5 itu muncul dari mana? Ternyata dari banyaknya pengurangan angka 2 yang muncul sebanyak 5 kali hingga hasil pengurangannya menjadi 0 (nol).

Sekilas masih nampak mudah karena murid masih belajar materi Matematika SD bilangan kecil. Bagaimana jika bialngannya sudah mulai membesar? Pasti anak atau murid akan merasa kesulitan dan lama untuk mendapatkan jawabannya.

Ambil contoh lagi, misal 100:2, maka anak akan mengurangkan 100-2 dan seterusnya hingga pengurangan angka 2 muncul sebanyak 50 kali. Proses lengkapnya seperti ini:

100-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2 = 0

Hingga hasil akhir 0 (nol), angka 2 yang muncul sebanyak 50. Jadi anak harus mengulang pengurangan 100-2 sebanyak 50 kali sehingga dapat diambil jawaban akhir 100:2 = 50.

Bagaimana kalau 1000:2? Pasti semakin besar angka atau bilangan yang dibagi maka semakin panjang dan lama proses menjawabnya jika murid menggunakan konsep Pembagian adalah Pengurangan Berulang.

Apakah proses ini memudahkan anak atau murid untuk melanjutkan ke materi Matematika SD Kelas 3 semester 2 khususnya materi Pecahan? Apapun rumus Matematika SD yang dimiliki murid, jika penanaman konsep pembagiannya menyulitkan anak, maka setiap bertemu proses hitung Pembagian, anak atau murid pasti mengalami kesulitan.

Berbeda jika kita mengajarkan proses Pembagian pada mereka menggunakan Matematika Ajaib. Insyaa Allah anak atau murid menjadi lebih mudah memahami Pecahan karena mereka memahami dasar-dasar ilmu pecahan melalui pembelajaran Matematika SD khususnya Pembagian.

Intinya, jika anak-anak sedang belajar materi Matematika SD Kelas 3 semester 2 tentang Pecahan, maka kuasailah konsep Pembagian dalam Matematika SD Kelas 2. Semoga dapat membantu bapak ibu dan guru sekalian.

Tags: #matematika sd kelas 3 semester 2

Leave a reply "Titik Paling Riskan Matematika SD Kelas 3 Semester 2"

author
Pendidik Matematika Islam di berbagai sekolah Islam