Persoalan Matematika SD Kelas 5

Persoalan Matematika SD Kelas 5 – Matematika SD di setiap jenjang pasti memiliki masalah dengan bobot yang lebih tinggi. Matematika SD Kelas 5 contohnya, belajar Matematika SD di kelas 5 memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah diabndingkan Matematika SD Kelas 4. Baik Matematika SD Kelas 5 semester 1, semester 2 Kurikulum 2013. Persoalan biasanya berkisar pada materi volume kubus dan balok dan pecahan. Soal maupun rumus Matematika SD Kelas 5 juga tidak sebanyak yang ada di Matematika SD Kelas 4. Bapak ibu bisa mencari ringkasan Matematika SD Kelas 5 PDF maupun searching di Google.

Persoalan Matematika SD Kelas 5

Gambar: Dokumentasi pembelajaran Matematika SD Kelas 5 di SD Islam Khoiru Ummah Malang

Tidak selamanya Matematika SD itu rumit atau ruwet. Kerumitan atau keruwetan Matematika SD biasanya dipicu oleh ketidak tahuan anak atau lupanya anak pada materi pelajaran Matematika SD di jenjang sebelumnya.

Anak akan menemui kesulitan sejak mereka belajar Matematika SD Kelas 3, Matematika SD Kelas 4 atau bahkan Matematika SD Kelas 1 dan kelas 2. Sedangkan pada saat mereka berada di jenajng kelas 5, biasanya mereka kehilangan arah untuk melanjutkan materi Matematika SD di kelas-kelas sebelumnya.

Masalah utama yang dialami oleh mereka yang sedang duduk di bangku SD Kelas 5 biasanya atau pada umumnya adalah:

  • Lupa pada materi Matematika SD jenjang sebelumnya
  • Tidak tau atau tidak paham bagaimana melanjutkan materi Matematika SD pada kelas-kelas sebelumnya
  • Makin bertambahnya materi Matematika SD Kelas 3 atau materi Matematika SD Kelas 4 biasanya membuat anak males karena mereka tidak tau harus berbuat apa. Kemalasan di jenjang pendidikan atau kelas sebelumnya itu justru mempersulit pada saat mereka belajar materi Matematika SD Kelas 5.

Terlihat sepele memang. Tapi justru inilah masalah utamanya. Anak-anak yang belajar Matematika SD Kelas 5 seringkali kehilangan koneksi antara materi Matematika SD di kelas atau jenjang sebelumnya.

Hal ini tentu dapat memperparah kondisi dan semangat mereka. Lalu mereka biasanya menyimpulkan suatu masalah tanpa bimbingan guru atau orang tua. Maka sering kali muncul kesimpulan bahwa semakin naik jenjang pendidikan mereka maka semakin susah bin sulit Matematika itu.

Kesimpulan dan pendapat anak-anak ini tentu saja semakin membuat maindset mereka mengatakan bahwa Matematika SD makin sulit dan semakin tidak menyenangkan. Mereka beranggapan bahwa Matematika SD Kelas 1 dan kelas 2 saja yang bisa menyenangkan. Sedangkan materi belajar Matematika SD Kelas 5 sama sekali tak menyenangkan.

Pendapat dan kesimpulan yang salah ini tentunya sangat berbahaya bagi motivasi dan kelangsungan anak-anak belajar Matematika SD Kelas 5. Anggapan yang semakin keliru itu mengendap di otak bawah sadar mereka. Dan keadaan ini diperparah lagi oleh afirmasi sesama teman yang sependapat bahwa Matematika SD Kelas 5 makin sulit.

Masalah seperti ini tentu saja ada solusinya. Asalakan para pendidik, baik guru atau pun orangtua murid melakukan 3 hal berikut ini:

  • Besikaplah bapak ibu sebagai rekan atau mitra belajar anak. Demikian juga guru. Sikap bahwa orangtua dan guru mereka berperan sebagai mitra akan membangkitkan energi anak-anak ini dalam belajar materi Matematika SD Kelas 5 dengan semangat sehingga mereka dapat mengeksplor energi mereka untuk belajar Matematika SD.
  • Memilih startegi alternatif terbaik di jenjang kelas 5 adalah salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan orangtua atau guru di sekolah. Bebaskan anak-anak ini dengan pola pikirnya sendiri dulu. Tugas orangtua dan guru hanya sebagai pembimbing. Dengan strategi alternatif terbaik, insyaa Allah anak akan lebih bisa menghargai dirinya sendiri, menghargai orangtuanya, dan menghargai gurunya.
  • Sediakan waktu yang cukup. Ketiga hal sebelumnya di atas akan menjadi sia-sia jika orangtua dan guru tidak menyediakan waktu yang cukup untuk belajar bersama mereka. Siapkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit per hari di luar jam belajar di sekolah.

Nah, sekali lagi, itu ikhtiar yang bisa bapak ibu dan guru lakukan untuk membantu anak belajar Matematika SD Kelas 5 sehingga mereka merasa memiliki mitra belajar. Matematika Ajaib adalah salah satu strategi alternatif yang bisa bapak ibu dan guru lakukan dan ajarkan kepada anak atau murid di sekolah.

Insyaa Allah Matematika Ajaib dapat memberikan solusi dengan baik dan benar agar anak-anak kita dapat belajar Matematika SD berkesinambungan dan berkelanjutan. Semoga.