Kelas Paling Menentukan adalah Matematika SD Kelas 3

Kelas Paling Menentukan adalah Matematika SD Kelas 3 – Kita sering mengkampanyekan bahwa Matematika SD itu mudah dan menyenangkan. Kampanye seperti itu tidak salah. Tapi tidak benar juga. Kalau Matematika SD Kelas 1 atau Kelas 2 masih boleh dibilang begitu. Namun, pelajaran Matematika SD Kelas 3, khususnya semester 2 tentang pecahan, jauh dari menyenangkan bagi sebagian besar murid. Soal Matematika SD Kelas 3 pun jaun lebih kompleks dibandingkan Kelas 1 dan Kelas 2. Rumus dan materi Matematika SD Kelas 3 jelas lebih banyak dan jika anak bapak ibu tidak mewaspadai pelajaran Matematika SD Kelas 3 sejak semester 1, maka bisa diprekdisikan anak akan mengalami banyak kesulitan.

Kelas Paling Menentukan adalah Matematika SD Kelas 3

Gambar: Dokumentasi Siswi Kelas 3B SD Islam Khoiru Ummah, Malang belajar Matematika Ajaib

Mengapa Matematika SD Kelas 3 sangat menentukan?

Sejak anak bapak ibu belajar Matematika SD Kelas 1 atau pun Matematika SD Kelas 2, materi Matematika SD masih bisa diikuti karena masih mudah dan tidak banyak variasi soal Matematika SD yang dihadapi anak.

Maka sebagaimana sudah saya bahas di artikel sebelumnya tentang Matematika SD Kelas 1 dan Matematika SD Kelas 2, bapak ibu atau guru harus sejak awal menanamkan fundamental atau Matematika Dasar sebaik dan sebenar mungkin.

Memberikan anak trik-trik hitung cepat di awal mereka mengenal Matematika SD adalah tindakan yang kurang bijak. Mengapa demikian? Ya, karena dalam praktekny, hitung cepat bukan menanamkan konsep yang baik dan benar mengenai angka dan bilangan pada anak. Terutama nilai tempat satuan puluhan ratusan dan ribuan.

Jika bapak ibu dan guru lalai menanamkan fundamental Matematika SD Kelas 1 atau Metematika SD Kelas 2, maka anak akan mengalami kesulitan jika mereka mulai belajar Matematika SD Kleas 3.

Hal ini bisa diprediksikan karena materi Matematika SD Kelas 3 banyak mengalami lonjakan drastis dari segi materi Matematika SD yang harus dipelajari anak. Selain itu variasi soal Matematika SD Kelas 3 juga sangat banyak, sehingga anak akan tersesat dalam banyaknya materi Matematika SD Kelas 3.

Belum lagi masalah banyaknya rumus Matematika SD Kelas 3 akan menjebak anak menghafalkan rumus-rumus tersebut. Makin dihafalkan, maka rumus-rumus Matematika SD itu akan makin cepat menghilang dari banak anak.

Inilah mengapa saya katakan bahwa dalam pelajaran Matematika SD Kelas 3 persolannya akan semakin banyak dan komleks.

Lalu, Apa Saja yang Harus Bapak ibu dan Guru Perhatikan?

Dengan prediksi dari pengalaman dan data serta fakta yang ada, anak dalam mempelajari Matematika SD Kelas 3 harus memperhatikan 3 hal berikut:

  • Pahami logika dasar Matematika SD Kelas 2
  • Pahami dan kuasai dengan baik materi Matematika SD Kelas 2
  • Ajarkan kepada anak bahwa materi Matematika SD Kelas 3 adalah sambungan dari materi Matematika SD di jenjang sebelumnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah tunjukkan dimana link antar materi Matematika SD itu agar anak atau murid mengetahui dengan pasti.

Dari ketiga hal tersebut di atas, semua point di atas sangat penting. Tak ada satu pun point satu yang lebih penting dari point lainnya. Semua point memiliki bobot perhatian yang sama. Jadi jangan direduksi poit dua lebih penting dari point lainnya, misalnya. Jangan diperlakukan seperti itu agar kita semua yang terlibat dalam pendidikan Matematika SD dapat memahami dengan lebih baik dan lebih benar.

Untuk itulah, materi Matematika SD Kelas 3 adalah sangat menentukan karir anak dalam mempelajari Matematika di jenjang berikutnya. Jika kita lalai memperhatikan titik krusial ini, makan anak akan menghadapi kesulitan di masa depannya. Terutama di jenjang pendidikan selanjutnya.

Dan satu lagi, mempelajari materi Matematika Ajaib di SD sangat bisa membantu anak dalam mengenal dan memahami fundamental Matematika SD dengan lebih baik dan lebih benar.

Kita bahas di artikel selanjutnya ya. Semoga berbahagia selalu bersama Matematika SD.