Cara Sederhana Matematika SD Kelas 2

Cara Sederhana Matematika SD Kelas 2 – Belajar Matematika SD Kelas 2 bukan merupakan hal baru. Materinya adalah sambungan nyata dari Matematika SD Kelas 1. Apalagi di semester 2, sepertinya anak kelas 2 masih bisa menikmati Matematika SD. Namun sebenarnya di kelas 2 ini anak-anak kurang kuat dasar-dasar Matematika SD jika diajarkan sesuai Kurikulum 2013. Ambil contoh bagaimana anak bisa belajar Matematika SD Kels 2 Tema 4 jika penyajian materi Matematika SD dibuat per Tematik? Apalagi soal Matematika SD Kelas 2 Pengukuran Panjang, sulit dimemngerti anak jika disajikan sesuai RPP konvensional.

Cara Sederhana Matematika SD Kelas 2

Gambar: Dokumentasi pembelajaran Matematika SD Kelas 2 di SD Islam Khoiru Ummah, Malang

Apakah Ada Cara Lebih Sederhana Mengajarkan Matematika SD Kelas 2?

Tentu saja ada. Namun kita harus memahami dulu apa permasalahan yang sering dihadapi oleh anak SD kelas 2 saat mempelajari Matematika. Dalam belajar Matematika SD Kelas 2 Kurikulum 2013, ada banyak persoalan pada pemahaman anak.

Menurut saya, sebaiknya metode belajar Matematika SD Kelas 2 tidak langsung dimasukkan dalam Tematik. Belajar dasar-dasar Matematika melalui buku-buku Tematik membuat anak semakin bingung dan guru merasa kesulitan memberikan dasar-dasarnya.

Pengalaman saya selama mengajar Matematika di SD Kelas 2 Semester 1 dan Semester 2 adalah anak sering gagal paham mencerna maksud konsep Matematikanya karena dalam buku Tematik tidak dijelaskan dengan gamblang konsep-konsepnya.

Kurang kuatnya penanaman konsep Matematika SD Kelas 2 ini menyebabkan banyak anak yang merasa kesulitan dalam mempelajari materinya.

Anak belajar Matematika SD Kelas 2 semester 1 adalah mengenai pengenalan Perkalian. Sedangkan di semester 2 anak sudah mengenal konsep membagi atau proses berhitung Pembagian.

Selain konsep membagi, mereka juga belajar tentang satuan panjang seperti centimeter, desimeter, meter dan kilometer.

Jadi, jika anak bapak ibu masih duduk dibangku SD Kelas 2, maka yang perla diperhatikan adalah materi:

  • Gunakan Perkalian kreatif anti salah Matematika Ajaib
  • Gunakan Pembagian kreatif anti galau Matematika Ajaib
  • Kemudian, perkuat materi Matematika SD Kelas 2 khususnya satuan panjang

Mengapa harus menggunakan Matematika Ajaib?

Matematika SD Kelas 2 semester 1 anak-anak harus menguasai Perkalian Dasar. Ajarkan perkalian dasar ini melalui tabel Fakta-Fakta tentang Perkalian dasar. Strategi ini sudah digunakan ribuan murid SD kelas 2 sejak tahun 2000 dan dimulai dari Bogor serta Jabodetabek.

Perkalian ini menggunakan strategi Permen. Permen? Strategi apa itu Permen? Permen adalah strategi unik mengenai penguasaan Perkalian Dasar. Dalam strategi Permen, anak tidak perlu menghafalkan Tabel Perkalian.

Selain itu, dalam mempelajari Perkalian Dasar, langkah yang harus ditempuh oleh orangtua atau guru adalah mengajarkan Perkalian Dasar dengan pendekatan metode 125.10. Metode apa ini? Di artikel selanjutnya saja jelaskan lagi.

Dan yang perlu diperhatikan juga adalah mengenai konsep Pembagian. Mengapa konsep Pembagian dalam materi Matematika SD Kelas 2 sulit dipahami? Berikut alasannya:

  • Anak terbiasa menghafal Perkalian sehingga sulit melakukan pembagian jika ada materi Perkalian yang belum dia hafal
  • Guru sering mengatakan hal yang kurang benar dengan mengatakan bahwa Pembagian adalah kebalikan dari Perkalian
  • Konsep Pembagian sering diajarkan sebagai Pengurangan Berulang. Konsep ini membingungkan anak. Seharusnya mulai diganti dengan konsep yang lebih benar dan mudah dicerna anak pada saat belajar Matematika SD Kelas 2 semester 2

Nah, di Matematika Ajaib, baik proses Perkalian Dasar maupun Pembagian Dasar dapat dibuat sederhana menggunakan pendekatan teknik 125.10 sehingga anak mudah memahami dan orangtua atau guru mudah mengajarkannya pada anak.

Saya bahas lebih detail lagi di artikel berikutnya ya.