Apa yang Harus Disiapkan dalam Matematika SD Kelas 1

Apa yang Harus Disiapkan dalam Matematika SD Kelas 1 – Anak-anak yang baru masuk di SD Kelas 1 adalah sumber daya manusia yang perlu dibimbing intensif pada pelajaran Matematika SD. Terutama SD Kelas 1 Semester 2. Karena semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin banyak materi Matematikanya. Dari SD kelas 1-6 Kurikulum 2013, anak akan belajar Matematika SD dengan berbagai startegi jika ingin sukses. Matematika SD Kelas 1 Semester 1 sebenarnya tidak begitu banyak materinya. Tapi kurikulum 2013 akan memperlambat penguasaan Matematika SD Kelas 1. Terutama pada materi Matematika SD Kleas 1 puluhan dan satuan.

Matematika SD Kelas 2

Apa yang harus diperhatikan orangtua dan guru?

Karena Matematika SD Kelas 1 adalah awal anak SD mengenal Matematika dengan lebih kompleks dibandingkan pada saat mereka TK, maka meletakkan Matematika Dasar pada mereka membutuhkan pemahaman yang lebih detail.

Matematika SD Kelas 1 Semester 1 akan banyak mempelajari:

  • Matematika Non Baku, yaitu Matematika yang memfokuskan pembelajaran tanpa angka terlebih dulu. Tetapi murid diajarkan membandingkan besar kecil, tinggi rendah, pandang pendek, banyak sedikit dan sebagainya.
  • Matematika Baku Awal, materi Matematika SD Kelas 1 ini sudah mulai memperkenalkan angka dan bilangan. Terutama mereka harus paham betul apa itu puluhan dan satuan.

Dua materi Matematika SD Kelas 1 itulah yang harus bapak ibu perhatikan dengan baik. Jika ingin sukses menguasai materi Matematika SD Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2, lakukan hal-hal berikut:

  • Pelajari dan upayakan agar anak memahami Matematika Non Baku. Matematika Non Baku akan saya jelaskan di artikel terpisah
  • Ajarkan anak di SD Kelas 1 teknik Penjumlahan Anti Salah
  • Ajarkan pada mereka Pengurangan Anti Stress

Bapak ibu siapkan anak-anak sebelum mereka mulai mempelajarai Matematika SD Kelas 1. Jadi pada saat anak-anak masuk di SD Kelas 1, mereka sudah memahami dasar-dasarnya dengan baik.

Matematika Ajaib yang saya kembangkan sejak akhir tahun 2000 mungkin bisa membantu anak-anak bapak ibu. Sudah ribuan murid yang saya ajari Matematika Ajaib hingga Matematika SD Kelas 1 bisa menjadi lebih mudah dipahami anak, lebih mudah diajarkan oleh bapak ibu atau guru. Serta membuat mereka menjadi jauh lebih teliti.

Apa saja yang diajarkan Matematika Ajaib?

Sebenarnya Matematika SD Kelas 1 masih relatif mudah dipahami anak. Namun justru itulah kadang kita malah terlena tidak memberikan pemahaman dasar yang logis kepada mereka.

Belajar Matematika SD Kelas 1 tidak bisa serta merta disajikan dalam bentuk Tematik. Anak harus paham dulu kaedah Matematikanya. Jadi pelajaran Matematikanya diberikan dulu tanpa harus dicampur Tematik.

Mempelajari Matematika SD Kelas 1 melalui buku Tematik sangat susah. Anak harus dipaksa memahami penggunaan sebuah konsep di dalam kehidupan sehari-hari tanpa mereka tahu dan paham betul bagaimana konsepnya berlaku.

Oleh sebab itu, perlunya belajar Matematika SD bagi anak-anak yang barus masuk di Kelas 1 merupakan titik yang paling penting. Sebab logika mereka harusnya dibangun dari kelas 1. Jika terlambat anak-anak di kelas 1 tidak diajarkan logika, maka kesulitan akan timbul di kemudian hari pada jenjang pendidikan selanjutnya.

Matematika SD Kelas 1 merupakan peletakan logika dasar bagi anak. Oleh sebab itu mengajarkan Matematika SD pada mereka juga harus baik dan benar. Baik saja tapi tidak benar ya jelas salah. Tetapi benar saja dan materi disampaikan dengan cara yang tidak baik, akan menjadikan proses belajarnya sia-sia.

Semoga dilain kesempatan saya bisa menjelaskan lebih detail apa dan bagaimana Matematika Ajaib agar bisa mengatasi kelemahan pengajaran Matematika SD Kelas 1.