Hal Terpenting yang Harus Diperhatikan di Pelajaran Matematika SD

Hal Terpenting yang Harus Diperhatikan di Pelajaran Matematika SD – Matematika di Sekolah dasar (SD) adalah salah satu mata pelajaran terpenting. Tak ada satu sekolah pun yang tak ada pelajaran Matematikanya. Matematika SD merupakan Matematika Dasar yang wajib dikuasai oleh banyak murid. Mulai dari Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5 atau pun Kelas 6. Ada beberapa hal penting yang harus bapak ibu perhatikan, terutama disetiap Semester 2. Apakah hal itu menentukan pembelajaran anak-anak bapak ibu? Tulisan ini membahasnya dengan singkat dan padat.

Hal Terpenting yang Harus Diperhatikan di Pelajaran Matematika SD

Gambar: Murid-murid SDN Sukadamai 3 Bogor, Kelas 3

Sebenarnya Matematika itu pelajaran yang sangat menarik. Tapi entah mengapa pelajaran ini menjadi tidak menarik, bahkan membosankan bagi sebagian besar murid. Matematika SD dianggap sebagai benda asing, dunia terasing, atau ilmu yang dianggap tak pernah terselesaikan.

Ada banyak persoalan di sekolah yang menjadikan Matematika sebagai pelajaran mengerikan. Tapi mungkin itu anggapan yang salah. Konotasi itu disematkan murid SD mulai Kelas 3. Padahal, di Kelas 1 dan Kelas 2, murid masih menunjukkan kesukaannya pada Matematika Dasar.

Jika bapak ibu perhatikan, Matematika SD Kelas 3 adalah titik balik bagi seorang murid untuk menyukai atau membenci matematika. Ya, benar. Disaat mereka masih di Kelas 1 atau Kelas 2, baik Semester 1 maupun Semester 2, semua murid masih nampak bahagia mempelajari Matematika. Hanya sebagian sangat kecil yang merasa kesulitan mempelajarinya.

Tapi justru disinilah titik krusialnya. Murid SD Kelas 1 dan Kelas 2, masih menyukai Matematika karena beberapa hal. Diantaranya yaitu:

  1. Materi yang dipelajari masih dasar
  2. Materi hanya mencakup Aritmetika
  3. Materi hanya mencakup Matematika Non Baku dan Baku angka kecil
  4. Cukup dilakukan dengan bantuan jari atau Papan Hitung
  5. Bisa dilakukan sambil bernyanyi

Dan beberapa sebab lain yang masih dianggap wajar sehingga murid menyukai Matematika.

Hal ini sebenarnya masih baik-baik saja di Kelas 1 dan Kelas 2. Namun bapak ibu justru harus mewaspadai hal ini. Meski materi pembelajarannya masih relatif sedikit karena mencakup Aritmetika saja, namun apakah anak diberikan proses belajar yang baik dan benar?

Proses belajar Matematika SD yang baik dan benar bukan berarti anak SD Kelas 1 atau Kelas 2 harus cerdas dan sangat pintar Matematika. Bukan, bukan itu yang saya maksudkan.

Anak-anak SD ini mendapatkan proses belajar Matematika dengan baik dan benar jika materi Matematika ini deberikan dengan cara:

  • Membiasakan murid menganalisa Pola Matematika yang ditemui
  • Tersedia beberapa alternatif strategi yang memudahkan murid menguasai Matematika
  • Mengutamakan ketelitian

Tiga hal ini adalah wajib diterima oleh murid jika murid SD atau anak bapak ibu diharapkan dapat menguasai Matematika selamanya. Bukan senang Matematika SD di Kelas 1 dan Kelas 2 saja. Tapi sepanjang mereka masih menajdi pelajar, harapan kita tentunya mereka akan menyukai Matematika sepanjang hidupnya.

Di artikel tulisan saya berikutnya akan kita bahas bagaimana kita bisa memberikan proses belajar Matematika yang baik dan benar pada anak-anak kita sedini mungkin.

Yang perlu bapak ibu ingat adalah, titik krusial mereka belajar Matematika SD adalah disaat mereka memasuki jenjang Kelas 3.

Semoga bermanfaat, sampai bertemu di artikel berikutnya.

Ir. Bekti Hermawan Handojo, MKom