Cara Sederhana Pecahkan Soal Matematika SD Kelas 2 Pengukuran Panjang

Cara Sederhana Pecahkan Soal Matematika SD Kelas 2 Pengukuran Panjang – Pengukuran panjang dalam soal Matematika SD Kelas 2 adalah hal yang sangat penting diajarkan dengan pemahaman yang mendalam. Materi ini juga ditemui di semester 2. Selain itu juga ada pengukuran waktu, panjang dan berat. RPP Matematika SD banyak membahas tentang hal ini tetapi masih dirasakan kurang gregetnya karena anak kelas 2 SD masih banyak yang belum memahami. Materi ini dalam Matematika SD kelas 2 sangat menyulistkan jika anak atau murid tidak memahami masalah pengukuran ini. Soal Matematika SD terkait materi pengukuran membutuhkan fokus yang tinggi serta ketelitian anak atau murid dalam mempelajarinya.

Cara Sederhana Pecahkan Soal Matematika SD Kelas 2 Pengukuran Panjang

Gambar: Dokumentasi belajar Matematika Pengukuran Panjang Kelas 2 SDI Khoiru Ummah, Malang

Ambil sebuah contoh, misalnya berapakah meterkah 100 cm itu? Dengan cara sederhana anak-anak atau murid kelas 2 SD bisa memahami dan menghitungnya. Mereka biasanya menggunakan simbolisasi, 1 m = 100 cm.

Dari situ anak SD kelas 2 sudah bisa menjawabnya karena ini merupakan patokan atau pedoman paling standar di sekolah.

Namun, bukan itu masalahnya. Jika anak atau murid baru belajar materi pengukuran, maka sebaiknya anak atau murid memang belajar dengan benda nyata atau konkret.

Misalnya, sandingkan penggaris atau mistar ukuran 1 meter dengan mistar 30 centimeter. Ajak anak atau murid untuk melihat bahwa penggaris 1 meter itu akan nampak sebanding dengan 100 cm.

Demikian juga untuk satuan panjang dm (desimeter). Anak atau murid akan melihat dan mengukur langsung bahwa 1 meter = 10 dm = 100 cm.

Pemberian pembelajaran menggunakan alat peraga berupa penggaris atau mistar berbagai ukuran dan satuan akan sangat membantu anak memahami konsep pengukuran panjang. Tanpa menghafal melalui Tangga Konversi pun insyaa Allah mereka akan lebih mudah mengingatnya dibandingkan bapak ibu dan guru mengatakan dalam penggunaan Tangga Konversi bahwa kalau naik 1 anak tangga itu artinya di bagi 10. Turun 1 anak tangga itu artinya dikalikan 10, dan seterusnya.

Demikian juga untuk pengukuran menggunakan satuan berat. Seperti misalnya 1 kg = 10 ons = 1000 gram. Pengukuran satuan berat dirasakan anak-anak kelas 2 SD lebih sulit dibandingkan pengukuran satuan panjang.

Hal ini disebabkan karena belajar pengukuran satuan panjang lebih mudah dipraktekkan dibandingkan pengukuran satuan berat.

Biasanya, anak atau murid lebih mudah membayangkan penggaris dibandingkan timbangan. Sebab setiap hari mereka melihat penggaris dan mereka juga menggunakannya dibandingkan timbangan yang jarang mereka lihat dan jarang mereka gunakan.

Oleh sebab itu, saran saya pada saat anak belajar pengukuran satuan berat, sebaiknya alat peraga tersedia dan dapat dengan mudah digunakan untuk proses pembelajaran. Jika perlu sediakan berbagai macam bentuk timbangan agar anak atau murid paham betul bahwa timbangan itu ada dalam berbagai macam bentuk. Dan dapat digunakan sesuai dengan barang yang akan ditimbang.

Misalnya saja jika anak-anak atau murid diminta menimbang beras, maka gunakan timbangan beras. Tak mungkin menimbang beras menggunakan timbangan emas seperti di toko-toko emas. Atau menimbang beras menggunakan timbangan badan, itu sesuatu yang sangat menyalahi aturan penggunaan.

Selain itu juga perlu meluruskan pembelajaran tentang pengukuran satuan waktu. Lebih baik anak atau murid dihadapkan pada jam dinding langsung untuk mempelajari satuan waktu dibanding jika mereka hanya menggambarkan jam di bukunya.

Pengukuran satuan waktu sedikit lebih rumit dibandingkan pembelajaran pengukuran berat. Sebab meski mereka sudah tidak asing lagi melihat jam dinding atau jam tangan, namun karena adanya penggunaan angka pada jam yang tidak biasa membuat pelajaran satuan waktu lebih membutuhkan energi konsentrasi.

Misalnya, 1 jam = 60 menit = 3600 detik. Nah, dalam membaca rumusan tersebut anak biasanya bingung. Kenapa 1 jam bukan 100 menit atau 1000 detik? Hal ini sering ditanyakan anak kelas 2 SD. Sebab angka-angka pada pembelajaran pengukuran satuan waktu dipandang agak aneh oleh mereka.

Selain itu rumusannya lebih sulit dihafalkan meski tidak ada Tangga Konversi dalam pembelajaran pengukuran satuan waktu.

Bagaimana belajar pengukuran satuan waktu, satuan berat dan satuan panjang menggunakan Matematika Ajaib? Silahkan klik link Matematika Ajaib tersebut ya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tags: #Materi matematika kelas 2 sd pengukuran panjang #Materi matematika kelas 2 sd pengukuran panjang dan berat #Materi matematika kelas 2 sd tentang pengukuran panjang #Rpp matematika kelas 2 sd pengukuran panjang #Soal matematika kelas 2 sd pengukuran waktu panjang dan berat #Soal matematika kelas 2 sd semester 2 tentang pengukuran panjang #soal matematika sd kelas 2 pengukuran panjang

Leave a reply "Cara Sederhana Pecahkan Soal Matematika SD Kelas 2 Pengukuran Panjang"

author
Pendidik Matematika Islam di berbagai sekolah Islam